# Graha Mainan ingin berperan dalam bisnis distributor sebagai Gudang dan Staf distributor #

Distributor yang baik,
Terima kasih selalu atas pembeliannya.

Untuk menjaga kualitas pelayanan Graha Mainan terhadap distributor, dimohon distributor untuk dapat mengecek List Informasi Pengiriman, dalam 2 hari kerja setelah pembayaran distributor dikonfirmasi oleh kami. Untuk melihat apakah pesanan distributor sudah dikirim atau belum oleh staf Graha Mainan. Jika belum ada di list, mohon kami diingatkan agar pesanan tersebut segera dapat segera diproses.

Terima kasih
Salam
Graha Mainan. 

Distributor yang baik, salah satu pertanyaan yang sering distributor ajukan kepada CS adalah:
Produk apa yang stoknya lagi banyak?

Kepada pelanggan, tentunya distributor ingin menawarkan produk yang stoknya ready.

Untuk menjawab pertanyaan tsb, di Graha Mainan telah dibuat list tampilan stok yang menampilkan informasi produk dengan ketersediaan terbanyak. List stok ini bisa tampil dengan mengklik menu "Stok" di bagian menu utama.

Melalui menu Stok ini diharapkan distributor bisa mendapatkan informasi produk dengan ketersediaan terbanyak tanpa harus menunggu informasi dari CS Graha Mainan. Dengan adanya informasi ini, tentunya akan lebih memudahkan bagi distributor saat menawarkan produk kepada pelanggan.

Silakan distributor gunakan informasi stok tersebut dalam bisnis distributor, untuk pembuatan katalog, penawaran produk, dlsb.

Terima kasih
Salam

:: Graha Mainan ingin berperan dalam bisnis distributor sebagai Gudang dan Staf distributor ::

# Graha Mainan ingin berperan dalam bisnis distributor sebagai Gudang dan Staf distributor #

Dalam rangka libur hari Raya Idul Fitri 2017, Graha Mainan mulai libur dari tanggal 23 Juni 2017 dan akan beroperasi kembali pada tanggal 3 Juli 2017.

Seluruh staf Graha Mainan mengucapkan:

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H

Minal Aidzin Wal Faidzin.

Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Pengunjung dan Pelanggan Graha Mainan yang baik.

Terima kasih selalu atas kunjungan dan perhatian yang diberikan kepada Graha Mainan. Pada akhir pekan ini, hari Sabtu 21 Mei 2016, Graha Mainan mulai menggunakan sistem belanja baru.

Order history pada sistem lama, untuk saat ini masih bisa dilihat. Tetapi, agar tidak menimbulkan kerancuan dan mengurangi beban sistem, dalam satu bulan ke depan akan tidak ditampilkan. Bagi distributor yang ingin menyimpan data Order History sebelumnya, mohon distributor dapat menyimpan di komputer masing-masing. Cara menyimpan dapat dengan Copy-Paste. Pilih, Copy, kemudian Paste di Word ataupun aplikasi lainnya. Dapat juga dengan menu Save As di browser yang distributor/pelanggan gunakan.

Pada masa transisi ini, akan terasa sedikit perbedaan dengan sistem lama. Tidak apa-apa. Itu biasa. Jika ada kesulitan saat transisi ini, untuk pemesanan barang, silakan hubungi Customer Service kami.

Terima kasih.
Salam

"The dogmas of the quiet past are inadequate to the stormy present" 
(Abraham Lincoln)

FAQ (Frequently Asked Questions)

Banyak pertanyaan serupa yang masuk ke Graha Mainan, berikut adalah jawaban yang dapat kami berikan.

1. Bagaimana tips bisnis Graha Mainan?

Tidak ada tips tertentu pada bisnis Graha Mainan. Graha Mainan diawali dengan berdagang biasa. Bila Anda membeli barang dalam jumlah tertentu dan bilang kepada pedagang “Untuk dijual lagi”, maka Anda akan dapat diskon. Lalu jual barang tersebut dengan harga eceran, dari situ Anda akan dapat selisih (keuntungan). Jangan beli hanya satu-dua, terus bilang untuk dijual lagi ya. Karena tidak ada rumus demikian. Dalam kata kerja bahasa Indonesia, hal ini disebut dengan Kulak (Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga, hal. 609).

Kata kerja Kulak berasal dari bahasa Jawa dan didefinisikan sebagai "membeli dalam jumlah besar untuk dijual kembali". Model bisnis seperti ini (kulakan), sudah ada sejak jaman dulu dan berlaku pada hampir semua jenis usaha. Yang penting adalah langkah awal. Anda baru bisa melihat apa yang ada di depan setelah melewati jalan sebelumnya. Kutipan berikut bisa jadi penjelasan:

“Cukup satu langkah awal, ada kerikil saya singkirkan. Melangkah lagi. Bertemu duri saya sibakkan. Melangkah lagi. Terhadang lubang saya lompati. Melangkah lagi. Bertemu api saya mundur. Melangkah lagi. Maju dan berjalan terus mengatasi masalah. (Bob Sadino)”

2. Apakah ada teknik berjualan mainan?

Tidak terbatas pada jualan mainan, teknik berjualan yang kami tahu adalah:

  • Orang harus tahu bahwa Anda jualan. Barang jangan hanya disimpan di rumah. Anda bisa menjual produk Anda dengan cara: Tawarkan kepada kenalan Anda, Ikut Bazar/pameran, Gelar Lapak, Buka Toko, On-line
  • Tawarkan kepada calon pembeli dengan cara yang simpatik. Tidak boleh memaksa. Jika calon pembeli merasa terpaksa, dia akan menghindar, dan hasil yang akan Anda dapat adalah kontra-produktif.
  • Kenali produk, dan layani pembeli dengan patut.
  • Berdoa dan selalu bersyukur

3. Apakah saya boleh jadi distributor Graha Mainan?

Silakan, Graha Mainan membuka peluang bagi siapa pun, baik pemain baru maupun lama, yang ingin mencoba usaha ini. Graha Mainan senang dan sangat mendukung siapa pun yang ingin mencoba berwirausaha. Silakan hubungi Customer Service kami untuk mengetahui syarat menjadi distributor.

4. Apakah di daerah saya sudah ada distributor Graha Mainan?

Distributor Graha Mainan berada di banyak daerah Indonesia. Jadi mungkin saja di daerah Anda sudah ada distributor Graha Mainan. Tetapi, jika Anda ingin menjadi distributor Graha Mainan, silakan, Graha Mainan tidak ingin menutup kemungkinan Anda untuk berusaha di bidang usaha mainan edukatif ini.

5. Apakah saya bisa menjadi agen tunggal?

Saat ini, kami belum ada sistem agen tunggal

6. Kenapa Graha Mainan tidak membuka sistem agen tunggal /agen terbatas?

Baiklah, ... baik sistem agen tunggal maupun sistem agen terbuka, mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  Kelebihan
Kekurangan
Agen Tunggal
Agen dapat proteksi
1. Agen harus bisa memenuhi target penjualan dalam waktu tertentu
2. Sumber pemasok terbatas. Biasanya agen tidak boleh mengambil dari kompetitor produsen lainnya.
3. Perlu modal cukup besar
Agen Terbuka
1. Sumber pemasok tidak dibatasi. Agen bisa memilih pemasok dari mana saja
2. Agen tidak harus mengejar target, agen bisa memulai  dan berhenti kapan saja tanpa diikat kontrak tertentu
3. Tidak perlu modal besar
Agen tidak dapat proteksi

Disesuaikan dengan kondisi, pemilik merek mempunyai  strategi masing-masing. Graha Mainan memilih sistem keagenan terbuka. 

7. Apakah Graha Mainan membuka franchise?

Saat ini, kami belum membuka franchise. Kami belum sampai pada level tersebut. Level kami masih di Business Opportunity (Peluang Usaha).

8. Apakah area penjualan distributor dibatasi?

Tidak, kami tidak membatasi area penjualan distributor.

9. Apakah saya bisa jualan on-line?

Silakan, Anda bisa jualan secara on-line dan off-line.

10. Apakah saya bisa menggunakan gambar-gambar di situs Graha Mainan untuk di-copy/paste di situs saya?

Jika Anda adalah distributor Graha Mainan, silakan, Anda bisa meng-copy/paste gambar-gambar di situs Graha Mainan untuk dipakai di situs Anda.

11. Apakah Graha Mainan tidak khawatir, distributor akan menurunkan harga eceran, yang berujung pada perang harga?

Harga eceran pada situs Graha Mainan adalah harga area (franco) Bogor. Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim dan lain-lain. Jadi jika ada distributor yang menurunkan harga eceran, maka dia menurunkan keuntungan sendiri, yang sebetulnya bisa digunakan untuk pengembangan usaha. Perang harga merupakan strategi yang tidak dianjurkan dalam kompetisi dagang. Kami rasa kita tidak perlu terlalu khawatir dengan hal tersebut. Orang yang menjual dengan harga eceran terlalu rendah, sebetulnya dia buang-buang waktu dan usahanya akan sulit berkembang. Kita tidak usah ikut-ikutan, karena konsumen pada pasar ritel ini tidak hanya melihat pada harga, tetapi juga pelayanan, kenyamanan dll.

Graha Mainan memang tidak menetapkan harga jual eceran bagi reseller (distributor). Distributor bebas menentukan harga, disesuaikan dengan kondisi perdagangan distributor. Baik menaikkan karena kena ongkos kirim, biaya sewa toko, dlsb, ataupun menurunkan karena ingin promosi, baik menjual paket digabung dengan produk Omocha lainnya, ataupun digabung dengan produk merek lain. Tetapi jika ada pedagang yang menurunkan harga jual eceran dengan sangat murah, kami rasa akan terlihat, maksud pedagang tersebut. Apakah menurunkan harga dengan niat promosi, niat grosir atau dengan itikad tidak baik (merusak harga eceran). Graha Mainan - kami rasa produsen lain juga akan bersikap sama - tentunya tidak akan bertransaksi dengan orang yang mempunyai itikad tidak baik.  

12. Bagaimana Graha Mainan menetapkan harga eceran?

Menetapkan harga eceran adalah seni. Tidak ada rumus baku, dan persepsi masing-masing orang berbeda. Graha Mainan menetapkan harga eceran setelah menghitung HPP (Harga pokok produksi), kebutuhan sewa toko di mall, kebutuhan bayar pegawai, dll.

Yang paling penting dalam menetapkan harga jual adalah Anda harus tahu jenis market yang Anda bidik.

  • Jika market Anda adalah pengguna akhir (end user), Graha Mainan biasa menyebut pasar ini dengan pasar ritel. Anda bisa mengikuti harga eceran Graha Mainan dan jika perlu ditambah sedikit ongkos kirim. Pembeli membeli satuan dan biasanya pembeli pada pasar ini tidak terlalu memasalahkan perbedaan harga. Contoh: Graha Mainan menjual puzzle eceran Rp. 30.000,-, Anda bisa menjual sekitar Rp. 32.000,- s/d Rp. 35.000,-. Jika ada pembeli bertanya atau menawar, Anda bisa menjawab “kan kena ongkos kirim bu, dlsb”, atau bisa juga Anda kurangi seperlunya. Kebanyakan pembeli sudah senang. Alasan pembeli senang antara lain adalah:
    • 1) Pembeli bisa lihat langsung produk, 
    • 2) Pembeli dapat barang tanpa kena ongkos kirim, 
    • 3) Pembeli  tidak perlu menunggu untuk mendapatkan produk.
          Pembeli pada pasar ini, tidak melulu hanya harga yang dilihat, tapi mereka juga melihat kualitas barang, kenyamanan dan pelayanan.
  • Jika market Anda adalah pedagang. Pembeli di pasar ini, sangat perhatian pada selisih harga. Satuan transaksi pada pasar ini dalam jumlah lusin. Anda harus jadi pedagang grosir untuk masuk pasar ini. Tidak selalu, tetapi umumnya pedagang grosir adalah:
    • 1) Sudah punya pengalaman berdagang, 
    • 2) Punya modal, 
    • 3) Berani stok barang, 
    • 4) Punya jaringan pemasaran, 
    • 5) Perputaran barang cepat, 
    • 6) dll. 
          Bagi distributor yang belum punya pasar besar, Graha Mainan sarankan untuk jadi distributor biasa saja dulu.

Model perputaran ekonomi dalam bentuk Produsen, Grosir, Distributor, Konsumen sudah ada sejak lama.

13. Bagaimana jika barang tidak laku. Apakah boleh dikembalikan?

Barang bisa dikembalikan dalam waktu tiga hari setelah diterima. Ongkos kirim ditanggung pembeli.

Yang disebut dengan usaha, tidak hanya keuntungan tetapi resiko juga mengikuti. Dari awal, calon distributor harus memahami hal tersebut.

Sekarang bagaimana agar resiko nominal tidak terlalu besar?
Beli satuan dulu, perlihatkan kepada kenalan produk tersebut, jika yang berminat untuk mendapatkan harga distributor sudah terkumpul baru pesan ke Graha Mainan. Anda tidak menanggung resiko nominal, tapi mungkin ada resiko stok produk. Jika stok produk tersebut sedang kosong, maka Anda harus menunggu ketersediaan stok berikutnya. Keduanya adalah pilihan Anda.

Berikut adalah kutipan bagi yang takut memulai sesuatu.

“If you shoot for the stars and hit the moon, it's OK. But you've got to shoot for something. A lot of people don't even shoot.” (Confucius quotes, China's most famous teacher, philosopher, and political theorist, 551-79 BC)

14. Bagaimana jika barang yang diterima rusak

Dilihat dulu penyebab kenapa barang yang diterima rusak.

Pada prinsipnya Graha Mainan akan mengganti barang yang rusak tersebut, setelah barang tersebut dikembalikan ke Graha Mainan. Ongkos kirim pengembalian dan pengiriman kembali, melihat alasan kenapa barang diterima rusak.

  • Jika diakibatkan oleh ekspedisi, maka pengembalian barang ditanggung oleh pembeli. Graha Mainan akan menanggung ongkos pengiriman kembali.
  • Jika diakibatkan oleh cacat produksi, Graha Mainan akan menanggung ongkos kirim pengembalian dan pengiriman kembali.

Jika ongkos pengembalian dan kirim jauh lebih mahal dari harga barang, maka Graha Mainan akan meminta gambar barang yang rusak tersebut. Dan Graha Mainan akan mengembalikan uang yang telah ditransfer.

Jika ekspedisi atau Graha Mainan sejak awal telah menyarankan untuk packing kayu, sedang pembeli tidak mau packing kayu, maka resiko kerusakan saat pengiriman ditanggung oleh pembeli.

15. Apa Visi dan Misi Graha Mainan?

Kami ingin usaha bisa bertahan. Lebih baik lagi jika bisa berkembang. 

16. Apakah di Graha Mainan ada sistem dropship?

Iya, ada. Bagi distributor yang berjualan online, Graha Mainan siap membantu distributor dalam pengirimannya.
Sistem dropship hanya berlaku bagi distributor Graha Mainan.
Syarat menjadi distributor ada pada menu Peluang Usaha situs ini.

17. Bagaimana mengenai Ongkos Kirim?

Ongkos kirim terhadap pembeli dihitung sebelum barang tersebut dikirim ke ekspedisi.
Hitungan tersebut adalah hitungan perkiraan berdasarkan estimasi berat.
Akan ada kemungkinan berbeda dengan biaya sebenarnya, saat dihitung oleh pihak ekspedisi.
Selisih ongkos kirim yang timbul, bila selisihnya besar, jika kurang akan kami tagih atau jika lebih akan kami kembalikan.
Tapi bila selisihnya sedikit, kami tidak tagih dan sebaliknya mohon diikhlaskan.

18. Apakah saya boleh melihat tempat produksi mainan Graha Mainan?

Boleh, silakan. Silakan datang pada hari dan jam kerja. Kami tunggu kedatangan Anda. 

Talent hits a target no one else can hit; Genius hits a target no one else can see.
Arthur Schopenhauer

Graha Mainan selalu berusaha mengirim pesanan pelanggan secepatnya. Bagi yang pernah memesan di Graha Mainan tentu juga tahu dan telah merasakan hal tersebut. Sering transfer pagi hari, sore di hari yang sama barang sudah bisa dikirim. Atau lambat-lambatnya esok hari sudah diambil oleh ekspedisi.

Alasan Graha Mainan menargetkan dua hari kerja barang terkirim adalah sederhana. Yaitu kepuasan pelanggan. Jika pelanggan dijanjikan barang bisa berangkat satu hari, padahal barang berangkatnya besok maka pelanggan tidak puas. Karena tidak sesuai janji (Over Promise Under Deliver).

Sedangkan jika pelanggan dijanjikan barang berangkat lima hari, tetapi ternyata barang bisa berangkat dalam empat hari maka pelanggan puas. Karena lebih cepat dari yang dijanjikan. Ini adalah psychology tentang rasa kepuasan, terhadap yang dijanjikan (Under Promise Over Deliver).

Setelah menimbang beberapa kondisi rill, baik internal (waktu packing, pengecekan, dll) dan eksternal (jam kerja ekspedisi, lalu lintas, cuaca, dll), Graha Mainan menargetkan pengiriman barang dalam dua hari kerja setelah pembayaran dikonfirmasi, ini berarti Graha Mainan harus berusaha barang berangkat lebih cepat dari dua hari kerja. Agar pelanggan bisa puas.

Walaupun demikian dengan segala kerendahan hati, tidak ada gading yang tidak retak, tidak ada yang sempurna, jika masih ada yang terlewat, Graha Mainan mengharap Cek dan Ricek dari pelanggan. Terima kasih.

____ooo____

PS. Di bawah adalah beberapa link, tentang pentingnya Under Promise.

1) Harap maklum karena kami kenthir
2) Who said under promise and over deliver?
3) What Does it Mean to Under Promise and Over Deliver?

People don’t care how much you know, until they know how much you care.
Theodore Roosevelt

Informasi Pengiriman Barang adalah salah satu bentuk pelayanan Graha Mainan. Melalui pelayanan ini pemesan dapat mengecek Informasi terkait pengiriman barang pesanannya, seperti : tanggal dikirim, jumlah koli, ekspedisi yang digunakan dan nomor resi, secara cepat dan mudah. Graha Mainan berusaha agar barang dapat dikirim dari gudang Graha Mainan dalam waktu dua hari kerja (lihat link alasan target dua hari kerja) setelah transfer pembayaran dikonfirmasi.

Melalui informasi pengiriman ini pula, proses Cek dan Ricek dapat dilakukan. Pemesan dapat mengingatkan pihak Graha Mainan jika pesanannya belum dikirim, terlewatkan atau No. Resi belum diinput di informasi pengiriman.

Selain itu, pengunjung dapat menilai perputaran produk Graha Mainan dan repeat order dari distributor. Repeat order merupakan salah satu bentuk testimony terhadap produk dan pelayanan Graha Mainan.

Ada banyak penyedia mainan edukatif di Indonesia. Graha Mainan sebagai salah satu penyedia mainan edukatif skala mikro (jika tidak disebut skala rumahan), terus berusaha meningkatkan pelayanannya dan senang jika bisa menjadi salah satu alternatif penyedia mainan edukatif di Indonesia.

____ooo____

Produk mainan edukatif yang dijual

di Graha Mainan sudah bersertifikat SNI.

ISO 8124

Tentang Penghitungan Ongkos Kirim di situs Graha Mainan

Penghitungan ongkos kirim di sini adalah:

  1. Pelanggan bisa menghitung ongkos kirim dan memilih ekspedisi yang ingin digunakan. Dengan tersedianya fitur ini, serta form untuk input ongkos kirim di keranjang belanja (link Cara Belanja), pembeli dapat segera menghitung sendiri ongkos kirim yang diperlukan, tanpa perlu menunggu penghitungan ongkos kirim dari Customer Service. Bagi distributor, hal ini tentu akan sangat menolong, karena distributor dapat segera menginformasikan kepada pelanggannya ongkos kirim yang diperlukan. Baik ritel maupun grosir. 
  2. Sesungguhnya, customer service Graha Mainan juga menggunakan cara penghitungan tersebut untuk menghitung ongkos kirim bagi pembeli.
  3. Penghitungan ongkos kirim untuk ekspedisi Citoxpress, Indah Logistik dan JNE adalah penghitungan ongkos kirim dari Graha Mainan (kota Bogor) ke kota alamat pengiriman berdasarkan data dari agen ekspedisi tersebut di kota Bogor
  4. Untuk alamat pengiriman yang belum tercakup pada tiga ekspedisi tersebut, atau distributor/pembeli ingin menggunakan ekspedisi lain, silakan konfirmasi ke Customer Service kami. Kami dengan senang hati akan melayani Anda. 
  5. Jika dipacking kayu, ditambah Rp. 25.000,- (Dua puluh lima ribu rupiah) per dus

Situs Graha Mainan dirancang untuk pembeli grosir (pembelian dalam jumlah banyak) dan pembeli ritel. Oleh karena itu, konsumen diberi pilihan untuk memilih ekspedisi dengan harga paket atau harga ritel. Seperti diketahui, dalam dunia ekspedisi, para pelaku usaha pengiriman barang juga menjual paket-paket ritel dan grosir. Tidak selalu, tetapi untuk pengiriman grosir, Graha Mainan biasa menggunakan ekspedisi Citoxpress dan Indah Logistik. Sedangkan untuk pengiriman ritel, ekspedisi JNE sering digunakan. Ada juga konsumen grosir yang karena sudah terbiasa dengan JNE, konsumen tersebut memilih JNE untuk pengiriman grosir. Tidak ada alasan khusus, kenapa ekspedisi-ekspedisi tersebut sering digunakan oleh Graha Mainan. Sejauh ini pengiriman berjalan lancar, dan agen-agen ekspedisi tersebut bersedia menjemput barang di Graha Mainan.

Jika ada permintaan dari konsumen untuk menggunakan ekspedisi tertentu, Graha Mainan akan mendahulukan permintaan tersebut. Jika alamat ekspedisi tersebut ada di Jakarta, maka konsumen akan dikenakan ongkos kirim dari Bogor ke Jakarta. Pembayaran ongkos kirim kepada ekspedisi yang diinginkan oleh konsumen, silakan dilakukan langsung oleh konsumen sendiri. Sesuai kesepakatan konsumen dan pihak ekspedisi. Graha Mainan memahami bahwa pelaku usaha di daerah biasanya sudah mempunyai ekspedisi langganan sendiri.

Tergantung dari kondisi dan cuaca serta keadaan tertentu lainnya, pernah ekspedisi yang dipilih tidak bisa melakukan pengiriman. Pada saat itu, dilakukan pemilihan dan penghitungan ongkos kirim ulang.

Estimasi total berat adalah perhitungan jumlah berat dari produk yang dipilih. Berat dari masing-masing produk dihitung dengan menggunakan berat aktual dan berat volume (link tentang berat aktual dan berat volume[1], [2]). Untuk produk dengan ukuran kecil digunakan berat aktual. Sedang produk dengan ukuran relatif besar digunakan berat volume. Estimasi Total Berat adalah kombinasi dari dua metode tersebut. Oleh karena itu, Estimasi total berat bagaimanapun adalah sebuah estimasi.

Untuk bisa menghitung Ongkos kirim, diperlukan sebuah nilai yang terukur. Di Graha Mainan, Estimasi Total Berat ini digunakan sebagai Nilai Terukur tersebut.

Ongkos kirim sesungguhnya baru akan diketahui setelah perhitungan berat dilakukan oleh pihak ekspedisi. Dalam bisnis Online, transaksi tidak dapat menunggu sampai pihak ekspedisi menimbang dan menghitung ongkos kirim tersebut. Kebanyakan pelaku usaha online ritel, menetapkan ongkos kirim dengan harga flat melalui sistem zona. Sistem zona dengan harga flat ini bagus karena konsumen sudah tidak perlu berpikir tentang Ongkos kirim. Sistem zona dengan harga flat bisa diterapkan dalam pembelian ritel atau pembelian dalam jumlah sedikit dan berat pesanan tidak terlalu berat, tetapi sulit diterapkan dalam pembelian grosir, yang biasanya dalam jumlah banyak dan berat pesanan besar.

Di Graha Mainan, simple saja. Estimasi Ongkos kirim dihitung dengan Estimasi Total Berat (Kg) dikali Biaya Pengiriman yang ditetapkan oleh Ekspedisi. Akan ada kemungkinan berbeda dengan biaya sebenarnya, saat dihitung oleh pihak ekspedisi. Selisih ongkos kirim yang timbul, baik lebih atau kurang disini disepakati untuk saling diikhlaskan.

Untuk pesanan khusus, yang sering estimasi berat sulit dihitung di awal dan pemilihan ekspedisi belum ditetapkan, kesepakatan biaya pengiriman ditentukan kemudian.

Catatan dan ketetapan terkait Ongkos Kirim ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Terima Kasih 

Administrator Graha Mainan
Yuni dan Febi

Pengunjung dan Distributor yang baik.

Hari ini, Senin 13 April 2015, Graha Mainan resmi dibuka. Menyambut hal tersebut, bagi pengguna terdaftar dan distributor yang melakukan akumulasi pembelanjaan lewat keranjang belanja situs ini, lebih dari 500 ribu rupiah, sampai dengan tanggal 15 Mei 2015, AKAN MENDAPAT HADIAH 2 BUAH PUZZLE STIKER.

Syarat dan Ketentuan:

  • Akumulasi belanja yang dihitung adalah akumulasi belanja yang menggunakan akun sendiri.
  • Akumulasi belanja bisa dicek dari menu "Order History"
  • Hadiah dipilih dari stok yang tersedia.
  • Tidak berlaku kelipatan.
  • Tidak berlaku untuk pembelanjaan awal distributor baru. Berlaku pada belanja berikutnya.
  • Tidak berlaku pada pembelanjaan untuk proyek/pesanan khusus.
  • Klaim hadiah dilakukan oleh pemilik akun. Batas waktu klaim sampai dengan tanggal 22 Mei 2015.

Pengunjung yang baik. Selamat datang di Graha Mainan.

Di bawah adalah sebagian dari produk Graha Mainan yang ditampilkan secara random. Untuk melihat seluruh kategori produk silakan klik menu Our Product.

Kami tunggu pembelian dari pengunjung. Terima kasih.

---gm---

Pengunjung yang baik.

Cara belanja di Graha Mainan sangat mudah. Baik sebagai tamu, ataupun sebagai pengguna terdaftar.

Berikut adalah cara belanja bagi tamu di situs Graha Mainan.

Langkah 1 : Pilih produk yang ingin dipesan

Klik  kategori produk yang diinginkan.


Gambar 1. Kategori Mainan

 

Langkah 2 : Masukkan produk yang diinginkan ke keranjang belanja

Klik tombol Add to cart (Masukkan ke keranjang belanja) 


Gambar 2. Pilih mainan dan masukkan ke keranjang belanja

 

Langkah 3 : Masukkan ongkos kirim di keranjang belanja

Jika sudah selesai memilih produk, lihat ke keranjang belanja. Akan terlihat form tempat mengisi Ongkos Kirim.

Ongkos kirim berbeda tergantung dari ekspedisi yang dipakai. Untuk belanja dalam jumlah besar, Graha Mainan biasa menggunakan ekspedisi Cito Ekspress atau Indah Logistik. Untuk belanja dalam jumlah kecil biasa digunakan ekspedisi JNE. Pada umumnya untuk pembeli ritel digunakan ekspedisi JNE.

Contoh pada gambar terlihat bahwa total berat adalah 0,8 kg. Pada penghitungan ongkos kirim dilakukan pembulatan ke atas, jadi 1 kg.

Berapa biaya ongkos kirim untuk pengiriman pesanan ini? Pembaca bisa membuka, link Hitung Ongkos Kirim untuk menghitung ongkos kirim. Misalkan, pembaca ingin menggunakan ekspedisi JNE dengan alamat pengiriman adalah ke Jatinegara, silakan pilih wilayah Jatinegara. Terlihat bahwa ongkos kirim dari Bogor ke Jatinegara (Jakarta Timur) adalah Rp. 8000,- (Delapan Ribu Rupiah). Silakan input ongkos kirim di form tersebut. Jika sudah input silakan tekan tombol SAVE di sebelah form tersebut. Jangan lupa juga tuliskan ekspedisi yang Anda pilih, di form Catatan di bagian bawah.

Cara Menghapus Ongkos Kirim yang sudah diinput :
Jika Anda ingin menghapus ongkos kirim yang sudah diinput. Klik kembali form ongkos kirim (tanpa mengisi apa-apa, hanya mengklik), kemudian klik tombol SAVE dua kali. Ongkos kirim yang sudah diinput akan terhapus.

Jika Anda belum paham tentang Ongkos Kirim, atau ingin menyerahkan pilihan ekspedisi ke Graha Mainan, itu juga tidak apa-apa. Form Ongkos kirim dikosongkan saja.

Memikirkan beban sistem, dalam satu session Anda bisa input form ongkos kirim sebanyak 10 kali, jika lebih, sistem akan berasumsi Anda belum bisa menghitung ongkos kirim maka input selanjutnya akan ditolak. Customer Service kami akan dengan senang hati, membantu Anda menghitung ongkos kirim.     


Gambar 3.1. Keranjang Belanja


Gambar 3.2. Contoh pengecekan Ongkos Kirim dengan JNE


Gambar 3.3. Mengecek Ongkos Kirim di JNE

Setelah Anda klik tombol SAVE di samping form ongkos kirim, maka terlihat bahwa nilai Ongkos kirim ditambahkan ke nilai Total (Gambar 3.4). Jika sudah cocok, klik Checkout untuk melakukan transaksi.


Gambar 3.4. Klik Tombol Save untuk memasukkan Ongkos kirim ke total yang harus ditransfer

 

Langkah 4 : Isi data pembeli

Anda bisa belanja sebagai Guest (Data tidak tertinggal di database), ataupun sebagai pengguna Terdaftar. Untuk kemudahan pada pembelian selanjutnya, yaitu Anda tidak perlu mengisi data lagi, Anda bisa mengecek Anda pernah belanja apa saja (Order History), pastikan Anda klik tombol Register And Checkout. Jika Anda ingin belanja sebagai Guest, silakan klik Checkout as  Guest.


Gambar 4.1. Isi data pembeli. Yang bertanda bintang wajib diisi.


Gambar 4.2. Contoh Pengisian Form


Gambar 4.3 Setelah Pengisian Data Pembeli, klik box Terms of Service dan tombol Check Out Now

Langkah 5 : Konfirmasi Pembelian

Langkah akhir adalah konfirmasi Pembelian Anda. Klik tombol Confirm Purchase untuk mengkonfirmasi Pembelian Anda. Pesanan Anda akan kami kirim setelah pembayaran dari Anda kami terima. Terima kasih.


Gambar 5.1 Konfirmasi Pembelian Anda


Gambar 5.2. Order Anda telah kami terima. Terima kasih.


Tentang Keranjang Belanja Graha Mainan.

Selain, input Ongkos Kirim sendiri, keranjang Belanja Graha Mainan tidak berbeda dengan keranjang belanja lainnya. Kelebihan dari sistem ini adalah:

1. Pembeli bisa menghitung sendiri Ongkos Kirim.

2. Seperti diketahui setiap ekspedisi mempunyai kelebihannya masing-masing. Untuk pembeli grosir, bisa memilih ekspedisi yang mempunyai harga bersaing sesuai dengan jumlah berat pesanannya.

 

____ooo____

 

Pengunjung yang baik.
Di bawah adalah cara untuk melakukan registrasi dan aktivasi sebagai pengguna ataupun sebagai distributor Graha Mainan.
Registrasi dan aktivasi pengguna dilakukan sendiri oleh pemilik Akun. Sedangkan aktivasi distributor dilakukan oleh admin Graha Mainan.
 
Mohon maaf sebelumnya. Jika ada yang bertanya kenapa pemilik Akun harus mendaftar sendiri, dan kenapa bukan didaftarkan saja oleh admin atau pengelola situs Graha Mainan?
Jawabannya adalah:
  1. Karena dengan melakukan pendaftaran sendiri, maka proses registrasi dan aktivasi Akun lebih cepat.
  2. Karena admin tidak tahu Nama Pengguna yang ingin mendaftar.
  3. Karena admin tidak tahu Email Pengguna. Pengguna, tolong pastikan email address yang diinput sudah benar.
  4. Karena admin tidak tahu Password yang diinginkan oleh pengguna. Dan sebaiknya memang admin tidak tahu password pengguna.
  5. Dengan alasan antara lain disebut di atas, maka biasanya memang demikian prosedur pendaftaran di suatu situs. Contoh facebook, google, dll. 
Berikut adalah urutan langkah-langkah registrasi pengguna: 
 
I. Registrasi dan Aktivasi Akun Pengguna (Dilakukan oleh pemilik Akun/Calon Distributor)
 
1. Lakukan Registrasi
 
Isi dan kirim Form Registrasi. Gambar di bawah adalah contoh pengisian form atas nama pengguna Yuni Yoyok.
 
 
2. Akan keluar pesan (message) sbb:
 
Pesan berisi, bahwa akun Anda sudah dibuat dan Anda diminta untuk mengaktifkan registrasi melalui link email yang baru Anda input. Fungsi ini kami aktifkan untuk memastikan bahwa memang email yang dipakai berlaku. Ini juga untuk menjaga email Anda agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Tolong pastikan Anda menginput email address dengan benar. Jika tidak konfirmasi email dari Graha Mainan, yang digunakan untuk aktivasi tidak akan sampai ke Anda.
 
3. Cek email Anda
 
 
Silakan masuk ke aplikasi email yang Anda gunakan dan cek email yang masuk. Pada contoh di atas, digunakan gmail. Klik link warna biru untuk aktivasi akun. Jika tidak ada email yang masuk, coba cek di Spam. Jika tetap tidak ada, silakan hubungi CS Graha Mainan, untuk konfirmasi.
 
4. Akan keluar pesan sbb:
 
Akun Anda sudah terdaftar.  Anda bisa login dengan username atau email.
Dalam proses registrasi ini, password Anda dienkripsi. Yang tahu password Anda adalah Anda sendiri. Admin, CS dan siapapun di Graha Mainan tidak ada yang tahu. Jadi jika Anda lupa password dan menanyakan ke kami, Admin dan CS tidak akan bisa memberitahu password Anda. Jika Anda lupa password, langkah yang bisa dilakukan hanyalah membuat password baru untuk akun Anda. Jika Anda lupa password, beritahukan kepada sistem. Sistem akan membuat password baru, dan Anda bisa mengubahnya setelah login. 
 
II. Bergabung dalam grup Distributor (Dilakukan oleh Admin Graha Mainan)
 
Setelah Akun Anda terdaftar di Graha Mainan. Jika Anda adalah distributor aktif Graha Mainan, dan ingin melihat dan belanja dengan harga distributor, silakan hubungi CS Graha Mainan untuk bergabung dalam grup distributor Graha Mainan.
 
Catatan: Distributor aktif Omochatoys adalah distributor aktif Graha Mainan. 

1. Lakukan Registrasi

2. Login

3. Melakukan pembelian awal (kulakan), minimal senilai yang ditentukan sesuai dengan syarat level distributor yang diinginkan

4. Hitung Ongkos Kirim

5. Hubungi Customer Service dan konfirmasi berapa yang harus ditransfer. Customer Service akan mengkonfirmasi nominal yang harus ditransfer setelah diskon.

6. Transfer

7. Informasi telah transfer

8. Aktivasi sebagai distributor (Pengubahan status kelompok

9. Distributor belanja minimal satu kali dalam rentang waktu 3 bulan sejak pembelanjaan terakhir

Jika masih ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu-ragu untuk menghubungi Customer Service kami. Kami senang melayani Anda. Terima kasih.

----gm----

Menyesuaikan dengan modal, ada dua jenis distributor Graha Mainan. Yaitu Perak dan Emas. 

1. Level Perak. Diskon 30%.

Syarat:

1.      Melakukan pendaftaran distributor. Pendaftaran tidak dikenakan biaya.

2.      Belanja awal minimal  senilai Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) (Sebelum diskon) . Jadi calon distributor harus mempunyai modal awal minimal Rp. 700.000,-. Belum termasuk ongkos kirim.

3.     CS akan menghitung dan memberi tahu nilai belanja distributor setelah diskon dan Ongkos kirim

4.     Total transfer = Nilai belanja awal setelah diskon + Ongkos kirim

5.      Melakukan pembelian dalam rentang waktu tiga bulan sejak pembelian terakhir. Tidak ada minimal kuantiti, belanja satuan pun tetap dapat diskon (30%). Jika dalam rentang waktu 3 bulan tersebut, tidak ada pembelian, maka untuk mendapatkan harga distributor harus melakukan pembelanjaan untuk menjadi distributor dari awal kembali.

2. Level Emas. Diskon 40%.

Syarat:

1.     Melakukan pendaftaran distributor. Pendaftaran tidak dikenakan biaya.

2.     Belanja awal minimal senilai Rp. 3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah). Jadi calon distributor harus mempunyai modal awal minimal Rp. 1.800.000,-. Belum termasuk ongkos kirim.

3.     CS akan menghitung dan memberi tahu nilai belanja distributor setelah diskon dan Ongkos kirim

4.     Total transfer = Nilai belanja awal setelah diskon + Ongkos kirim

5.     Melakukan pembelian dalam rentang waktu tiga bulan sejak pembelian terakhir. Tidak ada minimal kuantiti, belanja satuan pun tetap dapat diskon (40%). Jika dalam rentang waktu 3 bulan tersebut, tidak ada pembelian, maka untuk mendapatkan harga distributor harus melakukan pembelanjaan untuk menjadi distributor dari awal kembali.

Catatan :

  • Jika dalam rentang waktu tiga bulan sejak pembelian terakhir, distributor tidak melakukan pembelian, maka hak sebagai distributor hilang. Jika ingin mendapatkan harga distributor kembali, maka distributor harus melakukan pembelian dari awal kembali
  • Rentang waktu tiga bulan, kami rasa cukup untuk mencoba apakah distributor cocok atau tidak sebagai pedagang.
  • Syarat dan Ketentuan dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Berikut adalah demo user untuk melihat harga distributor.

Silakan login dengan user tersebut.
User dibawah hanya untuk demo, pembelian dengan user tersebut tidak diproses.

Distributor perunggu (diskon 20%)
User id : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Password : d123

Distributor perak (diskon 30%)
User id : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Password : d123

Distributor emas (diskon 40%)
User id : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Password : d123

Bagi yang telah menjadi Distributor Omochatoys, harap melakukan registrasi dan hubungi CS, untuk segera diaktifkan sebagai Distributor Emas.
Terima kasih

Pengunjung yang baik.

Terima kasih atas kedatangan Anda di Graha Mainan.

Graha Mainan adalah Gudang dan Toko Mainan. Grosir dan Eceran.

Alamat Graha Mainan adalah Jalan K.H. Abdullah Bin Nuh No. 100, Bubulak, Kota Bogor. Berada di samping terminal Bubulak.

Graha Mainan berjualan secara offline dan online. Bagi pengunjung yang ingin datang sekalian jalan-jalan ke kota Bogor, silakan berkunjung ke alamat di atas.

Graha Mainan buka dari hari Senin s/d Sabtu, jam 8:00 s/d 16:00. Situs web Graha Mainan adalah grahamainan.com. 

Situs Graha Mainan adalah situs E-Commerce. Tujuan situs Graha Mainan adalah untuk melayani pembelian secara elektronik. Baik Ritel (eceran) maupun Grosir. Pada penjualan ritel, sistem penjualan di Graha Mainan tidak berbeda dengan sistem penjualan situs E-Commerce lainnya. Yaitu, konsumen melihat dan memilih produk. Kemudian memasukkan ke keranjang belanja, lalu mengisi alamat dst. Harga pada penjualan eceran ini juga pada umumnya adalah satu harga.

Bagaimana dengan penjualan grosir? 

Seperti diketahui, penjualan grosir berbeda dengan penjualan eceran. Pada penjualan eceran, pembeli adalah pemakai (end-user). Pada penjualan grosir, pembeli grosir pada umumnya adalah pedagang. Pedagang membeli untuk dijual lagi. Pembelian oleh pedagang, biasa disebut kulakan dan dalam jumlah tertentu. Karena itu sudah sewajarnya pembeli grosir mendapat selisih harga yang akan menjadi keuntungan baginya. Dari keuntungan itu, pedagang hidup, pedagang beraktivitas, pedagang menabung, pedagang menyisihkan sedikit keuntungan, untuk kemudian pedagang belanja lagi. Dari situlah sebagian kecil ekonomi berputar. Sudah tentu, sebagai pedagang, tidak boleh hanya ingin untung, tapi juga harus siap terhadap resiko.

Graha Mainan mendukung semangat wirausaha. Bagi yang ingin mencoba wirausaha,  bagi yang ingin mencoba berdagang, Graha Mainan ingin menjadi salah satu alternatif pemasok barang jualan Anda.

Sebagai situs perdagangan secara elektronik yang salah satu target pasar utamanya adalah pedagang. Graha Mainan berusaha menyiapkan fasilitas bagi pedagang. Salah satunya adalah tentang harga bagi pedagang yang tentunya berbeda dengan end-user.

Orang yang membeli untuk dijual lagi, di Graha Mainan disebut dengan Distributor. Ada 3 Grup Distributor. Yaitu Emas, Perak dan Perunggu.

Jadi jika kita kelompokkan, pengunjung di situs ini bisa dibagi dalam 5 kelompok. Yaitu:

  1. Pengunjung biasa
  2. Pengguna Terdaftar (Registered User)
  3. Grup Distributor Emas
  4. Grup Distributor Perak
  5. Grup Distributor Perunggu

Pengguna Terdaftar adalah pengunjung yang melakukan pendaftaran sebagai pengguna. Dengan melakukan pendaftaran, pembeli cukup input data satu kali pada saat melakukan pembelian pertama. Pembelian selanjutnya sudah tidak perlu input lagi. Terminologi Registered User atau Pengguna Terdaftar adalah hal yang biasa di banyak situs internet. Seperti Yahoo, Google, Facebook, Kaskus dan di banyak forum lainnya, konsep ini biasa dipakai. 

Grup Distributor adalah pengunjung yang membeli untuk dijual lagi atau pedagang. Dengan bergabung pada grup ini, distributor berbelanja dengan harga distributor sesuai grupnya. Dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Seperti minimal belanja satu kali dalam tiga bulan sejak pembelanjaan terakhir. 

Untuk bergabung dengan grup distributor, pembeli harus melakukan pembelian grosir di awal. Silakan hubungin Customer Service untuk mengetahui tentang syarat menjadi distributor.

 
Graha Mainan ketika sedang menerima kunjungan murid-murid TK Penabur Bogor

Demikian sekilas tentang Graha Mainan. Sekali lagi, terima kasih atas kunjungan Anda.

---gm---