"The dogmas of the quiet past are inadequate to the stormy present" 
(Abraham Lincoln)

FAQ (Frequently Asked Questions)

Banyak pertanyaan serupa yang masuk ke Graha Mainan, berikut adalah jawaban yang dapat kami berikan.

1. Bagaimana tips bisnis Graha Mainan?

Tidak ada tips tertentu pada bisnis Graha Mainan. Graha Mainan diawali dengan berdagang biasa. Bila Anda membeli barang dalam jumlah tertentu dan bilang kepada pedagang “Untuk dijual lagi”, maka Anda akan dapat diskon. Lalu jual barang tersebut dengan harga eceran, dari situ Anda akan dapat selisih (keuntungan). Jangan beli hanya satu-dua, terus bilang untuk dijual lagi ya. Karena tidak ada rumus demikian. Dalam kata kerja bahasa Indonesia, hal ini disebut dengan Kulak (Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga, hal. 609).

Kata kerja Kulak berasal dari bahasa Jawa dan didefinisikan sebagai "membeli dalam jumlah besar untuk dijual kembali". Model bisnis seperti ini (kulakan), sudah ada sejak jaman dulu dan berlaku pada hampir semua jenis usaha. Yang penting adalah langkah awal. Anda baru bisa melihat apa yang ada di depan setelah melewati jalan sebelumnya. Kutipan berikut bisa jadi penjelasan:

“Cukup satu langkah awal, ada kerikil saya singkirkan. Melangkah lagi. Bertemu duri saya sibakkan. Melangkah lagi. Terhadang lubang saya lompati. Melangkah lagi. Bertemu api saya mundur. Melangkah lagi. Maju dan berjalan terus mengatasi masalah. (Bob Sadino)”

2. Apakah ada teknik berjualan mainan?

Tidak terbatas pada jualan mainan, teknik berjualan yang kami tahu adalah:

  • Orang harus tahu bahwa Anda jualan. Barang jangan hanya disimpan di rumah. Anda bisa menjual produk Anda dengan cara: Tawarkan kepada kenalan Anda, Ikut Bazar/pameran, Gelar Lapak, Buka Toko, On-line
  • Tawarkan kepada calon pembeli dengan cara yang simpatik. Tidak boleh memaksa. Jika calon pembeli merasa terpaksa, dia akan menghindar, dan hasil yang akan Anda dapat adalah kontra-produktif.
  • Kenali produk, dan layani pembeli dengan patut.
  • Berdoa dan selalu bersyukur

3. Apakah saya boleh jadi distributor Graha Mainan?

Silakan, Omochatoys membuka peluang bagi siapa pun, baik pemain baru maupun lama, yang ingin mencoba usaha ini. Syarat menjadi distributor ada pada menu Jenis dan Syarat menjadi distributor situs www.grahamainan.com

4. Apakah di daerah saya sudah ada distributor Graha Mainan?

Distributor Graha Mainan berada di banyak daerah Indonesia. Jadi mungkin saja di daerah Anda sudah ada distributor Graha Mainan. Tetapi, jika Anda ingin menjadi distributor Graha Mainan, silakan, Graha Mainan tidak ingin menutup kemungkinan Anda untuk berusaha di bidang usaha mainan edukatif ini.

5. Apakah saya bisa menjadi agen tunggal?

Saat ini, kami belum ada sistem agen tunggal

6. Kenapa Graha Mainan tidak membuka sistem agen tunggal /agen terbatas?

Baiklah, ... baik sistem agen tunggal maupun sistem agen terbuka, mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  Kelebihan
Kekurangan
Agen Tunggal
Agen dapat proteksi
1. Agen harus bisa memenuhi target penjualan dalam waktu tertentu
2. Sumber pemasok terbatas. Biasanya agen tidak boleh mengambil dari kompetitor produsen lainnya.
3. Perlu modal cukup besar
Agen Terbuka
1. Sumber pemasok tidak dibatasi. Agen bisa memilih pemasok dari mana saja
2. Agen tidak harus mengejar target, agen bisa memulai  dan berhenti kapan saja tanpa diikat kontrak tertentu
3. Tidak perlu modal besar
Agen tidak dapat proteksi

Disesuaikan dengan kondisi, pemilik merek mempunyai  strategi masing-masing. Graha Mainan memilih sistem keagenan terbuka. 

7. Apakah Graha Mainan membuka franchise?

Saat ini, kami belum membuka franchise. Kami belum sampai pada level tersebut. Level kami masih di Business Opportunity (Peluang Usaha).

8. Apakah area penjualan distributor dibatasi?

Tidak, kami tidak membatasi area penjualan distributor.

9. Apakah saya bisa jualan on-line?

Silakan, Anda bisa jualan secara on-line dan off-line.

10. Apakah saya bisa menggunakan gambar-gambar di situs Graha Mainan untuk di-copy/paste di situs saya?

Jika Anda adalah distributor Graha Mainan, silakan, Anda bisa meng-copy/paste gambar-gambar di situs Graha Mainan untuk dipakai di situs Anda.

11. Apakah Graha Mainan tidak khawatir, distributor akan menurunkan harga eceran, yang berujung pada perang harga?

Harga eceran pada situs Graha Mainan adalah harga area (franco) Bogor. Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim dan lain-lain. Jadi jika ada distributor yang menurunkan harga eceran, maka dia menurunkan keuntungan sendiri, yang sebetulnya bisa digunakan untuk pengembangan usaha. Perang harga merupakan strategi yang tidak dianjurkan dalam kompetisi dagang. Kami rasa kita tidak perlu terlalu khawatir dengan hal tersebut. Orang yang menjual dengan harga eceran terlalu rendah, sebetulnya dia buang-buang waktu dan usahanya akan sulit berkembang. Kita tidak usah ikut-ikutan, karena konsumen pada pasar ritel ini tidak hanya melihat pada harga, tetapi juga pelayanan, kenyamanan dll.

Graha Mainan memang tidak menetapkan harga jual eceran bagi reseller (distributor). Distributor bebas menentukan harga, disesuaikan dengan kondisi perdagangan distributor. Baik menaikkan karena kena ongkos kirim, biaya sewa toko, dlsb, ataupun menurunkan karena ingin promosi, baik menjual paket digabung dengan produk Omocha lainnya, ataupun digabung dengan produk merek lain. Tetapi jika ada pedagang yang menurunkan harga jual eceran dengan sangat murah, kami rasa akan terlihat, maksud pedagang tersebut. Apakah menurunkan harga dengan niat promosi, niat grosir atau dengan itikad tidak baik (merusak harga eceran). Graha Mainan - kami rasa produsen lain juga akan bersikap sama - tentunya tidak akan bertransaksi dengan orang yang mempunyai itikad tidak baik.  

12. Bagaimana Graha Mainan menetapkan harga eceran?

Menetapkan harga eceran adalah seni. Tidak ada rumus baku, dan persepsi masing-masing orang berbeda. Graha Mainan menetapkan harga eceran setelah menghitung HPP (Harga pokok produksi), kebutuhan sewa toko di mall, kebutuhan bayar pegawai, dll.

Yang paling penting dalam menetapkan harga jual adalah Anda harus tahu jenis market yang Anda bidik.

  • Jika market Anda adalah pengguna akhir (end user), Graha Mainan biasa menyebut pasar ini dengan pasar ritel. Anda bisa mengikuti harga eceran Graha Mainan dan jika perlu ditambah sedikit ongkos kirim. Pembeli membeli satuan dan biasanya pembeli pada pasar ini tidak terlalu memasalahkan perbedaan harga. Contoh: Graha Mainan menjual puzzle eceran Rp. 30.000,-, Anda bisa menjual sekitar Rp. 32.000,- s/d Rp. 35.000,-. Jika ada pembeli bertanya atau menawar, Anda bisa menjawab “kan kena ongkos kirim bu, dlsb”, atau bisa juga Anda kurangi seperlunya. Kebanyakan pembeli sudah senang. Alasan pembeli senang antara lain adalah:
    • 1) Pembeli bisa lihat langsung produk, 
    • 2) Pembeli dapat barang tanpa kena ongkos kirim, 
    • 3) Pembeli  tidak perlu menunggu untuk mendapatkan produk.
          Pembeli pada pasar ini, tidak melulu hanya harga yang dilihat, tapi mereka juga melihat kualitas barang, kenyamanan dan pelayanan.
  • Jika market Anda adalah pedagang. Pembeli di pasar ini, sangat perhatian pada selisih harga. Satuan transaksi pada pasar ini dalam jumlah lusin. Anda harus jadi pedagang grosir untuk masuk pasar ini. Tidak selalu, tetapi umumnya pedagang grosir adalah:
    • 1) Sudah punya pengalaman berdagang, 
    • 2) Punya modal, 
    • 3) Berani stok barang, 
    • 4) Punya jaringan pemasaran, 
    • 5) Perputaran barang cepat, 
    • 6) dll. 
          Bagi distributor yang belum punya pasar besar, Graha Mainan sarankan untuk jadi distributor biasa saja dulu.

Model perputaran ekonomi dalam bentuk Produsen, Grosir, Distributor, Konsumen sudah ada sejak lama.

13. Bagaimana jika barang tidak laku. Apakah boleh dikembalikan?

Barang bisa dikembalikan dalam waktu tiga hari setelah diterima. Ongkos kirim ditanggung pembeli.

Yang disebut dengan usaha, tidak hanya keuntungan tetapi resiko juga mengikuti. Dari awal, calon distributor harus memahami hal tersebut.

Sekarang bagaimana agar resiko nominal tidak terlalu besar?
Beli satuan dulu, perlihatkan kepada kenalan produk tersebut, jika yang berminat untuk mendapatkan harga distributor sudah terkumpul baru pesan ke Graha Mainan. Anda tidak menanggung resiko nominal, tapi mungkin ada resiko stok produk. Jika stok produk tersebut sedang kosong, maka Anda harus menunggu ketersediaan stok berikutnya. Keduanya adalah pilihan Anda.

Berikut adalah kutipan bagi yang takut memulai sesuatu.

“If you shoot for the stars and hit the moon, it's OK. But you've got to shoot for something. A lot of people don't even shoot.” (Confucius quotes, China's most famous teacher, philosopher, and political theorist, 551-79 BC)

14. Bagaimana jika barang yang diterima rusak

Dilihat dulu penyebab kenapa barang yang diterima rusak.

Pada prinsipnya Graha Mainan akan mengganti barang yang rusak tersebut, setelah barang tersebut dikembalikan ke Graha Mainan. Ongkos kirim pengembalian dan pengiriman kembali, melihat alasan kenapa barang diterima rusak.

  • Jika diakibatkan oleh ekspedisi, maka pengembalian barang ditanggung oleh pembeli. Graha Mainan akan menanggung ongkos pengiriman kembali.
  • Jika diakibatkan oleh cacat produksi, Graha Mainan akan menanggung ongkos kirim pengembalian dan pengiriman kembali.

Jika ongkos pengembalian dan kirim jauh lebih mahal dari harga barang, maka Graha Mainan akan meminta gambar barang yang rusak tersebut. Dan Graha Mainan akan mengembalikan uang yang telah ditransfer.

Jika ekspedisi atau Graha Mainan sejak awal telah menyarankan untuk packing kayu, sedang pembeli tidak mau packing kayu, maka resiko kerusakan saat pengiriman ditanggung oleh pembeli.

15. Apa Visi dan Misi Graha Mainan?

Kami ingin usaha bisa bertahan. Lebih baik lagi jika bisa berkembang. 

16. Apakah di Graha Mainan ada sistem dropship?

Iya, ada. Bagi distributor yang berjualan online, Graha Mainan siap membantu distributor dalam pengirimannya.
Sistem dropship hanya berlaku bagi distributor Graha Mainan.
Syarat menjadi distributor ada pada menu Peluang Usaha situs ini.

17. Bagaimana mengenai Ongkos Kirim?

Ongkos kirim terhadap pembeli dihitung sebelum barang tersebut dikirim ke ekspedisi.
Hitungan tersebut adalah hitungan perkiraan berdasarkan estimasi berat.
Akan ada kemungkinan berbeda dengan biaya sebenarnya, saat dihitung oleh pihak ekspedisi.
Selisih ongkos kirim yang timbul, bila selisihnya besar, jika kurang akan kami tagih atau jika lebih akan kami kembalikan.
Tapi bila selisihnya sedikit, kami tidak tagih dan sebaliknya mohon diikhlaskan.

18. Apakah saya boleh melihat tempat produksi mainan Graha Mainan?

Boleh, silakan. Silakan datang pada hari dan jam kerja. Kami tunggu kedatangan Anda.