Tentang Penghitungan Ongkos Kirim di situs Graha Mainan

Penghitungan ongkos kirim di sini adalah:

  1. Pelanggan bisa menghitung ongkos kirim dan memilih ekspedisi yang ingin digunakan. Dengan tersedianya fitur ini, serta form untuk input ongkos kirim di keranjang belanja (link Cara Belanja), pembeli dapat segera menghitung sendiri ongkos kirim yang diperlukan, tanpa perlu menunggu penghitungan ongkos kirim dari Customer Service. Bagi distributor, hal ini tentu akan sangat menolong, karena distributor dapat segera menginformasikan kepada pelanggannya ongkos kirim yang diperlukan. Baik ritel maupun grosir. 
  2. Sesungguhnya, customer service Graha Mainan juga menggunakan cara penghitungan tersebut untuk menghitung ongkos kirim bagi pembeli.
  3. Penghitungan ongkos kirim untuk ekspedisi Citoxpress, Indah Logistik dan JNE adalah penghitungan ongkos kirim dari Graha Mainan (kota Bogor) ke kota alamat pengiriman berdasarkan data dari agen ekspedisi tersebut di kota Bogor
  4. Untuk alamat pengiriman yang belum tercakup pada tiga ekspedisi tersebut, atau distributor/pembeli ingin menggunakan ekspedisi lain, silakan konfirmasi ke Customer Service kami. Kami dengan senang hati akan melayani Anda. 
  5. Jika dipacking kayu, ditambah Rp. 25.000,- (Dua puluh lima ribu rupiah) per dus

Situs Graha Mainan dirancang untuk pembeli grosir (pembelian dalam jumlah banyak) dan pembeli ritel. Oleh karena itu, konsumen diberi pilihan untuk memilih ekspedisi dengan harga paket atau harga ritel. Seperti diketahui, dalam dunia ekspedisi, para pelaku usaha pengiriman barang juga menjual paket-paket ritel dan grosir. Tidak selalu, tetapi untuk pengiriman grosir, Graha Mainan biasa menggunakan ekspedisi Citoxpress dan Indah Logistik. Sedangkan untuk pengiriman ritel, ekspedisi JNE sering digunakan. Ada juga konsumen grosir yang karena sudah terbiasa dengan JNE, konsumen tersebut memilih JNE untuk pengiriman grosir. Tidak ada alasan khusus, kenapa ekspedisi-ekspedisi tersebut sering digunakan oleh Graha Mainan. Sejauh ini pengiriman berjalan lancar, dan agen-agen ekspedisi tersebut bersedia menjemput barang di Graha Mainan.

Jika ada permintaan dari konsumen untuk menggunakan ekspedisi tertentu, Graha Mainan akan mendahulukan permintaan tersebut. Jika alamat ekspedisi tersebut ada di Jakarta, maka konsumen akan dikenakan ongkos kirim dari Bogor ke Jakarta. Pembayaran ongkos kirim kepada ekspedisi yang diinginkan oleh konsumen, silakan dilakukan langsung oleh konsumen sendiri. Sesuai kesepakatan konsumen dan pihak ekspedisi. Graha Mainan memahami bahwa pelaku usaha di daerah biasanya sudah mempunyai ekspedisi langganan sendiri.

Tergantung dari kondisi dan cuaca serta keadaan tertentu lainnya, pernah ekspedisi yang dipilih tidak bisa melakukan pengiriman. Pada saat itu, dilakukan pemilihan dan penghitungan ongkos kirim ulang.

Estimasi total berat adalah perhitungan jumlah berat dari produk yang dipilih. Berat dari masing-masing produk dihitung dengan menggunakan berat aktual dan berat volume (link tentang berat aktual dan berat volume[1], [2]). Untuk produk dengan ukuran kecil digunakan berat aktual. Sedang produk dengan ukuran relatif besar digunakan berat volume. Estimasi Total Berat adalah kombinasi dari dua metode tersebut. Oleh karena itu, Estimasi total berat bagaimanapun adalah sebuah estimasi.

Untuk bisa menghitung Ongkos kirim, diperlukan sebuah nilai yang terukur. Di Graha Mainan, Estimasi Total Berat ini digunakan sebagai Nilai Terukur tersebut.

Ongkos kirim sesungguhnya baru akan diketahui setelah perhitungan berat dilakukan oleh pihak ekspedisi. Dalam bisnis Online, transaksi tidak dapat menunggu sampai pihak ekspedisi menimbang dan menghitung ongkos kirim tersebut. Kebanyakan pelaku usaha online ritel, menetapkan ongkos kirim dengan harga flat melalui sistem zona. Sistem zona dengan harga flat ini bagus karena konsumen sudah tidak perlu berpikir tentang Ongkos kirim. Sistem zona dengan harga flat bisa diterapkan dalam pembelian ritel atau pembelian dalam jumlah sedikit dan berat pesanan tidak terlalu berat, tetapi sulit diterapkan dalam pembelian grosir, yang biasanya dalam jumlah banyak dan berat pesanan besar.

Di Graha Mainan, simple saja. Estimasi Ongkos kirim dihitung dengan Estimasi Total Berat (Kg) dikali Biaya Pengiriman yang ditetapkan oleh Ekspedisi. Akan ada kemungkinan berbeda dengan biaya sebenarnya, saat dihitung oleh pihak ekspedisi. Selisih ongkos kirim yang timbul, bila selisihnya besar, jika kurang akan kami tagih atau jika lebih akan kami kembalikan. Tapi bila selisihnya sedikit, kami tidak tagih dan sebaliknya mohon diikhlaskan.

Catatan dan ketetapan terkait Ongkos Kirim ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Terima Kasih 

Administrator Graha Mainan
Febi dan Yuni