Ada pertanyaan dari reseller "Apakah di Graha Mainan bisa dropship"?

Jawabannya adalah bisa banget.

Kenapa bisa?
1. Karena Graha Mainan adalah gudang mainan, dan ada cukup banyak stok mainan di sini.
2. Karena Graha Mainan mengijinkan reseller/distributor-nya menjual secara dropship. Dropship hanya berlaku bagi reseller Graha Mainan dan Omochatoys. Lihat syarat menjadi reseller.
3. Karena Graha Mainan siap dengan infrastruktur dropship (Informasi stok, estimasi berat dan SDM)
4. Dengan adanya informasi stok dan estimasi berat, reseller bisa mengetahui ketersediaan produk dan dapat menghitung ongkos kirim ke alamat pelanggan. Sehingga reseller dapat melakukan penjualan dropship walaupun sudah di luar jam kerja Graha Mainan. Tentunya reseller juga sudah tahu harga buat reseller.
5. Dengan login sebagai reseller, reseller bisa membuat nota sendiri, yang bisa segera kami (orang gudang) tindak-lanjuti. Mungkin ada pembaca, yang pernah belanja di toko. Di situ ada penjaga toko yang tulis nota, kemudian nota tersebut diserahkan ke pelayan toko di dekatnya. Ini ada nota, ambilin barangnya dong di gudang. Nah, penjaga toko itu adalah reseller, pelayan toko itu adalah kami.

Aturan mainnya normatif saja.
1. Dropship hanya berlaku bagi reseller yang masih aktif (masih belanja dalam rentang waktu 3 bulan sejak pembelian terakhir)
2. Reseller diijinkan untuk memberikan diskon ataupun promo dalam batas kewajaran, ketika pameran ataupun penjualan paket.
3. Reseller dilarang menjual produk Graha Mainan dengan harga ritel terlalu murah. Konsekuensinya adalah kami tidak dapat bekerja sama lagi dengan reseller tersebut.
3. Reseller rajin cek ketersediaan stok.

Dengan sistem dropship ini, ada beberapa kelebihan bagi reseller. Kelebihan signifikan bagi reseller adalah reseller tetap dapat berbisnis walaupun stok yang dipunyainya sedikit atau sedang kehabisan stok.
Graha Mainan juga sering memberikan promo diskon bagi reseller dalam pembelian paket tertentu. Terutama untuk produk fast moving, sehingga reseller semangat untuk menyetok barang.

Bagi yang ingin punya bisnis, tapi kok masih ragu.
Hmmm, dicoba dulu saja. Karena ada banyak hal, yang jika tidak dicoba, kita tidak tahu.
Coba beli satuan (sudah tentu harga ritel/tidak diskon), terus dikirim ke sanak-saudara/ kenalan yang punya anak balita. Minta CS kami untuk menulis nama pengirim dari Anda.

Jika kemudian Anda menanyakan responnya bagaimana? Apakah suka? Tentu jawabannya suka.
Siapa yang tidak senang, jika anaknya diberi hadiah mainan?

Tapi, jika kemudian ada family yang bertanya ini belinya di mana? Anak aku juga mau yang fungsinya bisa melatih motorik, atau aku mau anak aku bermain sambil belajar mengenal huruf, atau bermain sambil mengenal warna, melatih konsentrasi dll.
Nah itu peluang Anda untuk bilang, belanjanya di saya saja.

Jadi deh, Anda reseller Graha Mainan.

Semoga kita bisa bekerja sama.

Ingin penulis akhiri artikel ini di sini. Tapi mumpung lagi ingat, sekalian penulis tulis saja.
Pasar family tadi pasar yang lumayan. Dan cukup besar jika digarap dengan serius. Serta rutin (anak balita ada terus, dan ibu-ibu muda jaman now sangat mengerti pentingnya mainan edukatif bagi anak). Kami menyebut pasar ini dengan sebutan pasar ritel.

Tapi masih ada pasar lain lho...
Yaitu pasar perusahaan, pasar lembaga (PAUD, TK, RA, Taman Bermain, Sekolah, dlsb) dan pasar instansi pemerintah. Kami menyebut pasar ini dengan pasar proyek.

Besar mana antara pasar ritel dan pasar proyek? Mestinya pasar ritel lebih besar. Tapi buat pemula atau newbie, masih terlalu cepat untuk memikirkan skala pasar. Yang perlu calon enterpreneur lakukan adalah langkah awal. Seribu langkah pun selalu dimulai dari satu langkah. 

Jika Anda punya kenalan yang bekerja di perusahaan yang ingin promosi atau CSR.
Mungkin juga Anda ada kenalan yang punya lembaga, boleh juga ditawarkan produk Graha Mainan. Siapa tahu lembaga tersebut juga sedang cari produk mainan edukatif. Namanya peluang siapa yang tahu kan? Kalau Anda sudah pernah pengalaman jualan mainan, ketika ada yang mencari, Anda bisa menjawab dengan baik.

Jadi memang sebaiknya dicoba dulu saja. Siapa tahu milik kan?

Semoga kita bisa bekerja sama.
Terima kasih
Salam

Graha Mainan.

NB:
Di youtube ada video menarik tentang tanya jawab terkait dropship. Karena isinya cukup menarik, link video penulis share ya.

Ada beberapa komen yang menarik antara lain :

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Ade Adew Vrananta
Gila.. Sumpah gak tau mau ngomong apa lagi, lo bener" baik banget ngasih ilmu gak nanggung".. Semua masalah yang selama nie gw pikirin terjawab sudah.. Makasih yaa bang Semoga makin sukses jualan nyaa 😍😍 Makasih banget pokok nyaa🙏🙏
Yoyok

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Menurut penulis sendiri, video tersebut sangat berguna bagi pelaku usaha dropship, terutama pemula. Silakan ditonton. Jika menurut pengunjung berguna dan pengunjung suka silakan disubcribe.laughing

Beberapa point yang penulis catat pada video ini.

1. Pada sekitar time 15:20, video bilang ada banyak dropshipper yang terlalu banyak mikir, akhirnya tidak jalan-jalan

2. Pada time 15:25, video memberi jawaban terhadap pertanyaan tentang bagaimana jika harga dropshipper lebih mahal dari supplier. Yaitu harus fast respon.

3. Pada time 15:47, dropshipper pembuat video menceritakan dia sendiri bisa jual walaupun mengambil margin sampai 100%. Hebat ya.

Dropshipper Graha Mainan boleh saja menaikkan harga, jika memang bisa jual. Acung jempol deh.

Tapi menurut penulis, margin dari harga grosir dari Graha Mainan sudah lumayan kan.

Oke, masih banyak konten-konten lain tentang dropship dan jenis usaha lain. Yang penting adalah aksinya, karena jika hanya dipikir saja, tidak akan ada yang berubah. Aksi yang akan merubah.

Salam