Ketika sedang jalan-jalan di sebuah grosir mainan, ibu Yuni pernah ditawari mainan puzzle ikan buatan Omochatoys (red: pedagang tersebut tidak tahu dan tidak kenal bu Yuni). Ibu Yuni tersenyum dan bilang mau lihat-lihat dulu.

Tidak lama kemudian, ada dua orang ibu-ibu datang menanyakan puzzle ikan Omochatoys tersebut.

Pedagang grosir bilang jika beli tiga harganya sekian jika beli satuan harganya sekian, jika beli selusin sekian. Pedagang tersebut menyebutkan masing-masing harga, kalau belinya banyak, harganya bisa lebih murah. Pedagang tersebut mempromosikan dagangannya, "Puzzle ini bagus lho, buatan dalam negeri, harganya juga miring. Kualitas Oke. Tuh lihat saja gambarnya bagus kan."

Ibu Yuni tersenyum mendengar cara pedagang tersebut menawarkan dagangannya. Akhirnya ibu-ibu tadi membeli juga puzzle Omocha. Ibu Yuni yang berdiri di dekat pedagang tersebut merasa senang sekali, karena puzzle buatannya laku.

Puzzle-puzzle Omocha adalah barang yang fast moving (berputar cepat). Beberapa produk puzzle Omocha adalah best seller (sangat laku). Buat pembaca yang ingin mencoba jualan mainan edukatif bisa memulai dengan produk puzzle dulu. Gambar 1 memperlihatkan beberapa puzzle buatan Omochatoys (Original Design).


Gambar 1. Beberapa puzzle buatan Omochatoys

Sebetulnya, apa arti kata puzzle? Dilihat dari ilmu Etimologi (asal-usul kata), puzzle awalnya adalah sebuah kata kerja. Kata puzzle berasal dari bahasa Perancis Kuno "Aposer". Kata tersebut dalam bahasa Inggris kuno menjadi "Pose" lalu berubah menjadi "Pusle" yang merupakan kata kerja dengan arti membingungkan (bewilder) atau membaurkan, mengacaukan (confound). [1] Sedangkan kata puzzle sebagai kata benda merupakan turunan dari kata kerja tersebut. Gambar 2 memperlihatkan sejarah kata puzzle [2].

Gambar 2. Asal-usul kata puzzle

Ada beberapa jenis puzzle, antara lain:

  • Logic Puzzle
  • Jigsaw Puzzle
  • Mechanical Puzzle
  • Construction Puzzle
  • Combination Puzzle

Logic Puzzle adalah puzzle yang menggunakan logika. Gambar di bawah memperlihatkan contoh logic puzzle berupa grid puzzle [3].


Gambar 3. Logic Grid Puzzle

Combination puzzle adalah puzzle yang dapat diselesaikan melalui beberapa kombinasi yang berbeda. Rubik's Cube dan Hanoi Tower adalah contoh Combination Puzzle [4].

Mechanical Puzzle adalah puzzle yang kepingnya saling berhubungan. Contoh puzzle pada mechanical puzzle adalah Soma Cube dan Chinese wood knots. Gambar di bawah memperlihatkan puzzle Chinese wood knots [5].


Gambar 4. Chinese wood knots

Jigsaw Puzzle adalah puzzle yang merupakan kepingan-kepingan. Disebut dengan jigsaw puzzle karena alat untuk memotong menjadi keping disebut dengan jigsaw [6]. 

Sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi, alat untuk memotong puzzle pun berubah. Ada yang menggunakan mesin pon, scrollsaw bahkan sinar laser. Omochatoys memproduksi Soma Cube, Tangram, dan lain-lain jenis puzzle, tetapi yang disebut dengan Puzzle Omocha (Puzzle stiker yang diproduksi oleh Omochatoys) adalah jenis Jigsaw Puzzle. Puzzle-puzzle yang Omochatoys produksi menggunakan mesin scrollsaw. Dari satu mesin, sedikit demi sedikit Omochatoys mengumpulkan modal untuk membeli scrollsaw. Satu demi satu mesin ditambah. Saat ini Omochatoys sudah mempunyai empat belas mesin scrollsaw untuk memproduksi puzzle. Gambar 5 memperlihatkan pekerja sedang memotong puzzle dengan mesin scrollsaw di workshop Omochatoys


Gambar 5. Pekerja sedang memotong puzzle dengan scrollsaw

Jigsaw Puzzle pertama kali diproduksi pada tahun 1766 oleh John Spilsbury seorang ahli pembuat peta [7]. Puzzle tersebut berupa peta dan digunakan untuk pembelajaran ilmu geografi bagi anak-anak sekolah. Dengan menyusun kepingan-kepingan puzzle peta tersebut, murid akan belajar tentang lokasi, posisi, dan hubungan geografi antar masing-masing negara. Gambar 6 memperlihatkan puzzle peta buatan John Spilsbury.


Gambar 6. Puzzle Peta buatan John Spilsbury (1766)

John Spilsbury kemudian melihat peluang bisnis pada puzzle ini, dia kemudian memproduksi dan menjual puzzle-puzzle peta tersebut. Berbasis order, Omochatoys juga memproduksi puzzle -puzzle peta. Gambar 7 memperlihatkan puzzle-puzzle peta buatan Omochatoys.

 


Gambar 7. Puzzle peta buatan Omochatoys (2010)

Jigsaw Puzzle kemudian berkembang sangat pesat, pola dan teknik pembuatannya menjadi beragam. Pola puzzle menjadi bermacam-macam seperti alat-alat transportasi, binatang, huruf, karakter superhero, karakter princess dan lain-lain. Gambar 8 memperlihatkan contoh puzzle pesanan UNICEF yang telah Omochatoys produksi.


Gambar 8. Contoh Puzzle pesanan UNICEF

Sebagai media promosi dan pengenalan produk, puzzle sangat efektif. Bayangkan, pelanggan bersedia meluangkan waktu untuk menyusun gambar yang memuat atau mengingatkan produk Anda. Omochatoys pernah membuat puzzle jam untuk hadiah sebuah perusahaan susu. Omochatoys juga pernah membuat puzzle ayam untuk hadiah sebuah perusahaan vaksin unggas. Gambar 9 memperlihatkan puzzle berbentuk ayam.


Gambar 9. Puzzle Ayam Besar

Omochatoys mempunyai produk yang disebut Puzzle Jam Aktifitas Omocha, puzzle tersebut relatif mudah disusun. Di bagian kiri terdapat gambar yang mengambarkan aktifitas dan waktu. Sebelah kanan terdapat puzzle jam. Sambil bermain puzzle dan menunjuk angka, guru atau orang tua ikut bermain, jam 5 kita bangun tidur, jam 7 kita ke sekolah, jam 8 malam kita tidur dan lain-lain. Sambil bermain, imajinasikan sebuah aktifitas anak dan minta anak menunjukkan waktu aktifitas tersebut.

Gambar 10 memperlihatkan Puzzle Jam Aktifitas. Pembaca bisa mendapatkan puzzle-puzzle Omocha di distributor Omochatoys atau melalui situs ini.


Gambar 10. Puzzle Jam Aktifitas

Di tengah persaingan bisnis mainan edukatif, Omochatoys berusaha mempunyai differensiasi dengan kompetitor. Ibu Yuni memutuskan untuk membuat puzzle stiker sebagai produk unggulan Omochatoys. Saat ini, Omochatoys mampu memproduksi sekitar 1500 puzzle per minggu. Omochatoys menerima dan siap membuat pesanan special order pembuatan puzzle dari perusahaan ataupun pribadi untuk keperluan promosi dan hadiah (Lihat Portofolio). Terima kasih.

REFERENSI
[1] http://etymonline.com/
[2] http://www.archimedes-lab.org/
[3] http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/41/LogicPuzzleGridExample.gif
[4] http://en.wikipedia.org/wiki/Combination_puzzles
[5] http://en.wikipedia.org/wiki/Mechanical_puzzle
[6] http://en.wikipedia.org/wiki/Jigsaw
[7] http://www.bl.uk/learning/artimages/maphist/minds/jigsawpuzzle/jigsawpuzzle1766.html