Peter was 2 years and 10 months old when we began to study him.
He was afraid of a white rat, and this fear extended to a rabbit, a fur coat, a feather, cotton wool, etc.,
but not to wooden blocks and similar toys.

Umur Peter 2 tahun 10 bulan, ketika kami mulai mengajarkannya.
Dia kelihatan takut dengan tikus putih, kelinci, mantel bulu, katun dll.
Tapi tidak terhadap mainan balok dari kayu.

Mary C. Jones

Ketika sedang menjajakan mainan balok, kalimat yang sering diucapkan oleh ibu Yuni adalah, "Mainan ini wajib ada di rumah lho bu/pak". dilanjutkan, "Mainan ini sangat banyak kegunaannya dan manfaatnya". Jika pengunjung bertanya, "apa saja manfaatnya?". Nah kita harus tahu tuh manfaatnya. Sebutkan beberapa keunggulan dari mainan balok ini.

Manfaat Fisik: Mainan balok memperkuat gengaman jari dan tangan anak, meningkatkan koordinasi mata dan tangan. Mainan balok juga mendidik anak mempelajari perbedaan bentuk geometri.

Manfaat Sosial: Mainan balok mendorong anak untuk berteman dan bekerja sama. Balok bermanfaat bagi anak karena balok mendorong interaksi dan imajinasi. Imajinasi anak dapat segera diwujudkan dengan mainan balok. Kreatifitas yang dikombinasikan dengan aksi sangat penting dalam kehidupan sosial.

Manfaat Intelektual: Anak dapat mengembangkan kemampuan kata-kata saat mereka mecoba mengambarkan ukuran, bentuk dan posisi. Anak mengembangkan kemampuan matematik melalui pengelompokan, penambahan, pengurangan. Dua buah segitiga sama sisi jika digabung akan menjadi persegi empat. Hal tersebut bisa juga akan dimengerti melalui bermain balok standar.
Dengan bermain balok, anak akan mendapatkan pengalaman bahwa balok jika tidak seimbang, maka balok akan jatuh. Di sini anak belajar tentang keseimbangan dan gravitasi. Belajar geometri dari mainan balok akan meningkatkan stimulasi intelektual. Penelitian yang dilakukan di Universitas Washington juga menunjukkan hasil, bahwa anak yang bermain menggunakan blok kemampuan bahasanya lebih tinggi dari teman-temannya.

Manfaat Kreatif: Mainan balok merupakan pemicu stimulasi kreatifitas, karena anak akan membuat desain mereka sendiri dengan balok. Makin banyak jenis balok, makin banyak kreasi yang dapat dibentuk, sehingga imajinasi anak akan makin terstimulasi.
Plato Seorang Philosofi Yunani (428-348 SM) menulis bahwa arsitek masa depan adalah anak yang mainannya membuat bangunan.

Sebetulnya, pertemuan pertama bu Yuni dengan mainan edukatif adalah dengan mainan balok kayu. Ketika ada orang Jepang, kenalan bu Yuni yang ingin pulang ke negaranya, dia mengadakan garage sale. Ibu Yuni ikutan. Ibu Yuni datang ke rumahnya di Cilandak, saat itu ibu Yuni membawa Kiyo (kalau tidak salah, saat itu Kiyo masih berumur satu tahun). Karena anak-anaknya sudah besar, untuk Kiyo tuan rumah kemudian menawarkan juga mainan yang dipunyai oleh anaknya dulu. Ada beberapa mainan kayu dan lego satu kotak. Namanya juga garage sale, harganya terjangkau. Bu Yuni beli saja.

Setelah sampai di rumah, Kiyo sangat senang dengan mainan kayu tersebut. Anak-anak tetangga juga suka ikut bermain. Ibu Yuni sempat mencari di mana tempat menjual mainan kayu tersebut, ternyata tidak gampang mencari. Kalau mainan plastik banyak, tetapi mainan kayu tidak banyak. Ketika melihat iklan peluang usaha menjual mainan kayu di sebuah tabloid, ibu Yuni kemudian mencoba peluang tersebut. Untuk selanjutnya, cerita tentang ibu Yuni memulai usaha ada di seri artikel memulai bisnis.

Kita kembali ke mainan balok kayu. Diperkirakan, permainan  konstruksi yang paling tua dan paling umum mungkin adalah balok kayu. Mainan balok kayu dan lego adalah permainan kontruksi. Mainan balok kayu bisa diberikan kepada anak bayi sejak umur 6 bulan. Sedang Lego diberikan untuk anak yang lebih besar.

Gambar di bawah memperlihatkan Rizkiyo dan Ayuka (putri-putri bu Yuni) sedang bermain balok.

Omochatoys juga memproduksi dan menjual mainan balok. Ada beberapa jenis mainan balok yang diproduksi dan dijual oleh Omochatoys, yaitu:
1. Balok Jumbo Natural
2. Balok 42 besar
3. Balok 42 Medium
4. Balok 26
5. Car Block

Gambar di bawah memperlihatkan contoh produk balok buatan Omochatoys


Car Block

Detil mengenai harga dan lainnya ada di kategori situs belanja - menu balok. Jika pembaca ingin membelikan mainan balok untuk anak Anda, silakan dicoba produk Omocha. Produk Omocha bagus-bagus lho.

Jenis-jenis mainan kayu lainnya ada di link ini.

Di situs ini juga ada video tentang pembuatan balok.

Referensi:
1. http://en.wikipedia.org/wiki/Toy
2. http://organicgrace.com/files/organicgrace
3. Sumber lain dari internet